Khasiat dan manfaat

Manfaat Susu Kuda Liar


Manfaat susu kuda liar
lebih jauh yaitu air susu kuda yang hidup secara ekstensif atau dibiarkan secara liar di alam seperti khususnya di pulau Sumbawa lah yang pada tahun 1998 yang lalu mulai dikenal oleh khalayak umusklm untuk dikonsumsi susunya karena khasiatnya. Cerita tentang manfaat susu kuda liar dari Kabupaten Dompu tersebut menjadi popular karena khasiatnya banyak diekspos oleh media, hal tersebut tidak lepas dari hasil penelitian seorang Doktor dari IPB, berkat ditemukannya manfaat susu kuda liar asal pulau Sumbawa ini pula beliau mendapat gelar Doktor dari Fakultas Pasca sarjana IPB tahun 2005 silam.

Manfaat susu kuda liar sumbawa hasil penelitian

Dari hasil penelitiannya diketahui bahwa keistimewaan susu kuda yaitu, tidak mengalami penggumpalan dan kerusakan meskipun tidak dipasteurisasi dan tanpa diberi bahan pengawet apapun. Hebatnya manfaat susu kuda liar ini dapat disimpan dalam suhu kamar sampai 5 bulan. Karena hal inilah dapat disimpulkan bahwa dalam susu kuda liar asli asal Dompu, Bima Pulau Sumbawa tersebut terdapat zat yang bisa menghambat tumbuhnya bakteri, Zat tersebut berupa senyawa anti mikroba alami.

Manfaat susu kuda liar ini bisa dirasakan hanya dengan mengkonsumsi 25-50 cc setiap hari, bisa sekali atau dua kali. Efek dari susu kuda  ini sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan, hal ini disebabkan susu kuda ini banyak mengandung prebiotik alami. Hanya dengan dosis yang dianjurkan atau sebanyak 50cc, maka prebiotiknya sudah dapat secara optimal menekan jumlah bakteri jahat yang terdapat dalam saluran pencernaan, berbagai penyakit yang muncuk pada saluran pencernaan seperti tifus, kolera, disentri juga TBC, Leukimia dan Tumor. Manfaat susu kuda liar banyak kami rasakan juga karena dapat menjaga kebugaran tubuh, serta memperbaiki stamina.

Sebelumnya peredaran susu kuda liar asal Dompu sempat dilarang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) karena dinilai promosi susu ini bersifat menyesatkan dan khasiatnya diragukan karena belum diuji coba secara klinis. Namun semua itu kini terbantahkan berkat penelitian sang Doktor tadi, yang telah menemukan manfaat susu kuda liar ini.

Manfaat susu kuda liar di negara lain

Di Rusia sudah sejak tahun 1962 susu kuda dipakai di banyak rumah sakit rumah sakit di daerah Samara, Moskwa, Leningrad, Volinsk, jika dihitung sudah ada sebanyak 23 rumah sakit di Rusia yang memanfaatkan susu kuda liar. Salah satu manfaat susu kuda liar di rusia untuk diolah menjadi Koumis yang digunakan untuk Koumis therapy  untuk mengobati penyakit-penyakit seperti tuberculosis (TBC), saluran pencernaan, avitaminosis, anemia (lesu darah), penyakit kardiovaskuler, lever dan ginjal.

Masyarakat meyakini bahwa susu kuda liar mempunyai khasiat dapat mengobati bermacam-macam penyakit namun demikian khasiat tersebut belum berdasarkan pada hasil penelitian. Lebih lanjut, masyarakat yang mengkonsumsi susu kuda yakin khasiatnya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kanker, tuberkulosis paru-paru, saluran kencing, anemia, saluran pencernaan dan jenis penyakit lainnya yang tidak dapat ditanggulangi oleh dokter, sehingga oleh masyarakat sering disebut sebagai obat dewa.

Di lain pihak ada sebagian masyarakat yang menyangsikan khasiat atau manfaat susu kuda liar sebagai obat, sebagaimana dikutip dari pemberitaan beberapa media masa. Sementara, hasil pengujian di Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di beberapa daerah menunjukkan bahwa susu kuda bersifat asam dengan, pH 3-4, tidak mengandung bakteri patogen, bahan pengawet maupun bahan yang membahayakan, serta nilai gizinya baik dan kadar lemaknya rendah, yaitu 0,97%, sehingga membantah opini yang menyatakan bahwa manfaat susu kuda liar tidak besar.

Manfaat Susu Kuda Liar di Sekitar Kami

Kandungan dan manfaat susu kuda liar yang kami tawarkan sangat beragam, yang kami kirimkan langsung dari daerah asalnya yaitu dari Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat.  Tentang kandungan, kandungan dan manfaat susu kuda liar ini hampir sama seperti susu sapi atau hewan lainnya, namun susu kuda liar punya keunggulan karena protein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi sehingga cocok untuk bayi atau orang yang intoleransi laktosa. Dalam 100 gram susu kuda liar terdapat 0,8 persen protein sedangkan susu sapi mencapai 3,2 persen. Susu kuda juga punya rasa yang gurih karena kandungan gulanya lebih tinggi mencapai 6,8 persen dibanding susu sapi 4,6 persen. Dalam tiap 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori, yang lebih sedikit ketimbang susu sapi yang sebesar 64 kalori sehingga membuat orang yang minum susu kuda liar tidak cepat gemuk.

Demikian tentang manfaat susu kuda liar, yang seharusnya masih lebih banyak hal yang dapat kami jabarkan disini …. namun untuk sementara juga sebgai bahan pengetahuan awal dari kita semua kami rasa cukup. Insya Allah seiring dengan semakin banyaknya permintaan untuk sampel penelitian ya selain untuk konsumsi dan terapi susu kuda liar, kedepan hasil dari sampel tersebut akan kami bantu publikasikan dengan harapan kita sama-sama dapat memanfaatkannya secara baik dan bijak dan merasakan banyak hal akan manfaat susu kuda liar

Susu kuda sumbawa
Berdasarkan penelitian dan pengalaman pemakainya, susu kuda liar sumbawa dapat mengobati penyakit diantaranya:
1.Gula darah
2.Tekanan Darah Tinggi
3.Ginjal
4.Kanker Stadium Awal
5.Paru-Paru
6.Asam Urat
7.Rheumatik
8.Asthma
9.Kolesterol
10.Liver
11.Thypus
12.Gangguan Mata
13.Demam Berdarah
14.Darah Rendah
15.Alergi Makanan
16.Kekurangan Hormon
17.Sulit mendapatkan keturunan
18.Maag
19.Gondok
20.Gagguan datang bulan
21.Meningkat daya tahan tubuh dan stamina
22.Pegal2
23.Lupus
24.Pengeroposan Tulang
25.Dll

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s